Laman

Hikmah Ikhlas

Sabtu, 31 Maret 2012

Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA)- Bogor Buka S2 Pendidikan Keluarga Sakinah (PKS)

Warta UIKA -- Program Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (PPS-UIKA) Bogor membuka program baru tingkat S2 (magister) Pendidikan Keluarga Sakinah. Program ini bernaung di bawah Program Studi Pendidikan Islam PPS-UIKA yang kini memiliki empat konsentrasi--Magister Pendidikan Islam, Magister Pendidikan dan Pemikiran Islam, Magister Pendidikan Sains Islam, dan Magister Pendidikan Keluarga Sakinah.


Dalam Rapat Kerja PPS-UIKA yang berlangsung dua hari (23-24/1/2011) di kampus UIKA Bogor, Direktur PPS-UIKA Prof Didin Hafidhuddin menekankan pentingnya umat Islam menguatkan peran keluarga sebagai institusi pendidikan yang utama. Bahkan, dalam Islam, keluarga idealnya menjadi pusat pengaderan para pemimpin di masa depan.


Karena itulah, menurut Didin, orang tua harus benar-benar diberdayakan kemampuannya secara keilmuan dan akhlak. Ini agar memiliki kemampuan mendidik anak-anaknya. "Apalagi saat ini begitu besar tantangan untuk mewujudkan keluarga sakinah," tuturnya, seperti disampaikan melalui siaran pers.


Ketua Program Studi Pendidikan Islam PPS-UIKA Dr Adian Husaini menyampaikan, selama ini banyak yang salah paham bahwa pendidikan seolah-olah hanya identik dengan urusan "sekolah", "kampus", atau "pendidikan formal". Padahal, Islam menetapkan, keluarga adalah institusi pendidikan yang utama.


Orang tua, kata Adian, penganggung jawab utama dalam pendidikan bagi anak-anaknya. UU Sisdiknas, No 20/2003 juga mengakui tiga bentuk pendidikan, yakni foirmal, nonformal, dan informal. Karena itu, orang tua Muslim wajib memahami, mendidik keluarga dan anak-anak memerlukan ilmu yang mencukupi, khususnya ilmu-ilmu fardu ain yang wajib dimiliki oleh setiap Muslim untuk keselamatan diri dan agamanya.


Dia mengatakan, orang tua wajib memahami ilmu akidah (ushuluddin), ilmu syariah, dan ilmu-ilmu lain yang diperlukan bagi pendidikan keluarga. Ini agar orang tua mampu menjaga keluarganya sehingga tidak terjebak oleh jeratan setan.


Program Pendidikan Keluarga Sakinah merupakan upaya yang sungguh-sungguh untuk menghidupkan tradisi ilmu, yang dimulai dari keluarga. Program ini bertujuan mencetak pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan keluarga untuk mewujudkan sebuah keluarga sakinah.


Sejumlah mata kuliah yang akan diajarkan antara lain Islamic worldview, Alquran dan hadis untuk keluarga sakinah, ulumul Quran dan hadis, manajemen keluarga sakinah, filsafat pendidikan Islam, filsafat dan ilmu dalam Islam, fikih keluarga sakinah, pendidikan anak dalam Islam, psikologi pendidikan, pendidikan karakter, sejarah peradaban Islam, studi pemikiran-pemikiran kontemporer, dan sebagainya.


Di samping pendidikan keluarga sakinah, mulai 2011 PPS UIKA Bogor juga membuka Konsentrasi Pendidikan Sains Islam. Program ini lebih dikhususkan untuk guru-guru IPA atau peminat sains Islam (natural sciences). Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan para guru atau orang tua dalam pengajaran sains, sesuai dengan prinsip keilmuan dalam Islam.


Menurut ajaran Islam, sains diajarkan bukan hanya untuk memahami fenomena alam dan meningkatkan keterampilan dalam mengelola sumber daya alam, tapi juga untuk semakin mengenal Sang Khalik (Allah SWT). Azs 

Persyaratan Registrasi Pendaftaran:
PROGRAM MAGISTER
  • Menyerahkan salinan copy ijazah S1 yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar;
  • Menyerahkan salinan copy transkip nilai S1 yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar;
  • Pas photo berwarna dan terbaru ukuran 2×3 dan 3×4, masing-masing 3 lembar;
  • Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan;
  • Menyerahkan surat rekomendasi dari pimpinan atau tokoh masyarakat yang memiliki kualifikasi untuk menilai kompetesi nilai akademik calon mahasiswa, yang telah disediakan pada formulir pendaftaran.
  • Membayar uang pendaftaran


Mata Kuliah

 Sks
Matrikulasi Dasar-dasar Pendidikan
0
Matrikulasi Teknik Penulisan Karya Ilmia
0
Tafsir-Hadits Maudhui Keluarga Sakinah
3
Islamic Worldview
3
Filsafat Ilmu
3
Ulum al-Qur’an dan Ulum al-Hadits
3
Metodologi Pembelajaran dalam Keluarga Sakinah
3
Filsafat Pendidikan Islam
3
Psikologi Perkembangan
3
Pendidikan Karakter dalam Keluarga Sakinah
3
Sejarah Pendidikan dan Peradaban Islam
3
Fiqh Keluarga Sakinah
3
Pendidikan Anak dalam Islam
3
Manajemen Keluarga Sakinah
3
Studi Pemikiran Kontemporer
3
Tesis
6


Biaya Perkuliahan


Jadwal Kuliah


TEMPAT PEMBAYARAN
  • Bank Amanah Ummah No. Rek. 1310100326 a.n. Pasca MAI
  • Bank BRI Syariah Cab. Bogor No. Rek. 1000323302 a.n. Program Pascasarjana UIKA
  • Bank BRI Unit Cimanggu Bogor No. Rek. 4799-01.000700.50.6 a.n. Program Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI
 

Program Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun
Jl. K.H. Sholeh Iskandar Km. 2 Bogor 16162
Telp: 0251-8335335, Fax: 0251-8373765
Email: admin@ppsuika.ac.id
 

4 komentar:

  1. This is truly a decent and educational, containing all data furthermore greatly affects the new innovation. A debt of gratitude is in order for sharing it.

    BalasHapus
  2. This is truly a decent and educational, containing all data furthermore greatly affects the new innovation. A debt of gratitude is in order for sharing it.

    BalasHapus
  3. All the guide is perfectly up to the possible problems . applicable valuables and also the beneficial method it's been displayed. I'd be looking forward to more like articles or reviews website traffic can be extremely definitely worth wait.

    BalasHapus