Laman

Hikmah Ikhlas

Senin, 23 Mei 2011

Writing Block Alias Mandek Menulis


Kenapa ada writing block alias mandek menulis bin semacam penyakit terbelenggu menuangan ide sampai-sampai tangan membeku tak bisa bergerak?
Faktor penyebab:
1) Gambaran visual ide yang masih samar di otak bawah sadar. 
Ketika ada ide baru, jangan cepat-cepat menulisnya tapi lengkapi dulu informasi-informasi penunjang apalagi masalah itu belum begitu kita ketahui. Setelah didapatkan informasi, bisa dari membaca, diskusi, jalan-jalan sambil tanya-tanya, selancar di internet, dll. selanjutnya disusun dulu akan dijadikan cerita seperti apa.

Hal yang terpenting dilakukan untuk mendapatkan visualisasi otak bawah sadar secera utuh adalah dengan merenunkan gambaran keseluruhan jalan cerita dari awal sampai selesai. Kalau saya biasanya butuh waktu beberapa hari bahkan berminggu-minggu merenungkannya sampai gambaran visualisasi itu terang benderang dalam otak.
Jika gambaran alias visualisasi ide tersebut masih samar, dijamin menulisnya akan ngadat di tengah jalan. Dan, gejala ini sudah jamak dialami penulis apalai yang masih pemula.

2) Tidak konsentrasi menulis. Faktor penyebab bisa dari lingkungan seperti suasana yang ribut, kamar yang berantakan dan bau banget, dikejar-kejar mantan pacar, berbarengan dengan jadwal nonton full house, atau digoda aroma masakan enak tetangga. Atau dari dalam diri sendiri, seperti sakit perut, pengen jalan-jalan melulu, ngemil terus sampai lupa menulis atau ketagihan nonton film korea, kacau...

3) Motivasi menulis yang lemah karena tidak tahu tujuannya menulis.

4) Perasaan takut yang berlebihan; takut dibilang jelek, takut tidak menang lomba, takut ditolak pacar, dan ketakutan lainnya.

5) Terjangkiti penyakit malas dan suka menunda-nunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar